Tampilan Baru Taman Wisata Laut Pantai Pasir Kencana

Selama libur lebaran, pengunjung Taman Wisata Laut Pantai Pasir Kencana mencapai 6 ribu orang setiap harinya. PEKALONGANKOTA.GO.ID

Perkembangan sektor pariwisata yang sangat dinamis telah mendorong komitmen yang lebih besar dari pemerintah untuk memantapkan posisi dan peran pariwisata sebagai sektor andalan dan unggulan penyumbang utama devisa nasional, peranan sektor pariwisata sebagai penyumbang devisa diharapkan akan menduduki peringkat pertama diatas sektor migas, tekstil dan kayu.

Kinerja yang dinamis ini ditunjukkan dari angka pertumbuhan yang terus meningkat dari jumlah kunjungan wisatawan maupun penerimaan devisa dalam beberapa tahun terakhir. Kota Pekalongan yang letak wilayahnya berada di pesisir tentu memiliki objek wisata berupa pantai-pantai di sepanjang pesisir utara, ada dua pantai yang merupakan objek wisata terkenal yaitu Pantai Pasir Kencana dan Pantai Slamaran.

Objek Wisata Pantai Pasir Kencana merupakan objek wisata utama yang dimiliki pemerintah Kota Pekalongan. Terletak berbatasan dengan tempat pelelangan ikan atau Pelabuhan Perikanan Nusantara di pantai utara Jawa, dengan jarak tempuh 4,5 km dari kota / stasiun kereta api.

Potensi yang dimiliki pada objek wisata Pasir Kencana arah pengembangannya sebagai pusat rekreasi pantai dan wisata belanja, dalam hal ini wisata belanja yang berorientasi pada hasil perikanan laut, baik berupa ikan hias maupun ikan konsumsi yang ada pada kekayaan laut Pekalongan.

Kondisi dan potensi alam yang ada pada objek wisata tersebut, yaitu pantai pasir kencana memiliki topografi alam yang menarik, dimana kondisi pantai yang berteluk dengan ombak yang tidak begitu besar memiliki suasana keterlingkupan dan nyaman dengan alam sekitar. Disamping itu letak dari objek wisata tersebut berdekatan dengan destinasi wisata lain, yaitu Wisata Bahari PPNP, Technopark, Pusat Informasi Mangrove, Pelabuhan, dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pekalongan.

Objek Wisata Pasir Kencana telah lama memberikan peran yang penting dalam penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pekalongan. Dibanding dengan objek wisata lain, penerimaan PAD dari objek pasir Kencana adalah paling dominan, namun demikian pada empat tahun terakhir yaitu sejak tahun 2014 hingga tahun 2017 terus mengalami kemerosotan pengunjung, hal ini berakibat pada perolehan PAD Kota Pekalongan yang semakin kecil.

Penataan Ulang Dilakukan Dinas Pariwisata

Untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap kawasan wisata Pantai Kencana, Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Olahraga Kota Pekalongan kemudian melakukan perombakan terhadap kawasan ini pada akhir tahun 2021. Berdasarkan data yang tercatat di Dinas Pariwisata, Pantai Kencana dibangun ulang dengan anggaran sekitar Rp30 miliar oleh Kementerian PUPR.

Setelah direhab, Pantai Pasir Kencana kemudian lebih dikenal dengan nama Taman Wisata Laut Pantai Pasir Kencana (TWL). TWL Pantai Kencana kemudian menjadi primadona baru bagi masyarakat Pekalongan dan sekitarnya. Adanya fasilitas baru seperti panggung hiburan, kolam renang, jogging track, cafe dan musala serta beraneka ragam kuliner membuat minat masyarakat semakin tinggi.

Selama libur lebaran kemarin, pengunjung TWL Pasir Kencana mencapai 6 ribu wisatawan setiap harinya, sedangkan pada hari puncak pada H+7 lebaran setidaknya ada 10 ribu wisatawan berkunjung. Selama libur lebaran tarif tiket masuk yang diterapkan adalah Rp25.000/orang sesuai peraturan wali kota. Sedangkan untuk hari biasa tarifnya Rp15.000 dan hari weekend (jum’at, sabtu, minggu) tarifnya Rp20.000.

Salah satu objek wisata yang disukai pengunjung adalah panggung hiburan dan jogging track karena bisa menikmati suasana yang apik. Sementara jika kelelahan, pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner disini seperti pecel, pindang tetel, bakso, mie ayam, pempek, kopi tarik, ayam taliwang, dari kuliner yang tradisional hingga kekinian.

Sejak kembali dibuka pada 4 Maret 2022 hingga awal Mei 2022 setelah pembangunan ulang, Taman Wisata Laut (TWL) Pantai Pasir Kencana Kota Pekalongan sudah berhasil memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dibebankan selama satu tahun. Tahun 2022 ini TWL ditarget penuhi PAD Rp2,8 milyar, tetapi awal Mei ini sudah mencapai Rp2,9 milyar.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala UPTD TWL Pantai Pasir Kencana Kota Pekalongan, Mustofa Hadi . Ia menyampaikan, capaian tertinggi berhasil diraup saat momen libur lebaran tahun 2022 yakni Rp1 miliar lebih dalam kurun waktu satu minggu pada 4 Mei sampai 8 Mei 2022. Dengan pencapaian tersebut pihak UPTD TWL Pantai Kencana akan terus berbenah dan dan melakukan inovasi-inovasi lainnya.

Add Comment