141 KPM Graduasi Tanda Mulai Sejahteranya Warga Kabupaten Pekalongan

Acara graduasi warga dari kepesertaan PKH. Sumber: Pemkab Pekalongan.

Kajen – Pemerintah Kabupaten Pekalongan menggelar graduasi bagi warganya yang mengundurkan diri dari peserta Program Keluarga Harapan (PKH), Minggu (27/10/2019). PKH adalah salah satu upaya pemerintah dalam menekan angka kemiskinan di Indonesia.

Data Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pekalongan menyebutkan ada 141 keluarga di Kabupaten Pekalongan yang mengajukan graduasi mandiri atau pengunduran diri secara sukarela dari PKH. Ini adalah rangkuman data bulan Januari hingga Oktober 2019.

Acara graduasi ini digelar di lapangan Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Menurut Bupati Pekalongan, K.H. Asip Kholbihi, S.H., M.Si. ada sekitar 2.789 warga Kesesi kategori ekonomi miskin yang belum menerima bantuan PKH.

“Dengan adanya ratusan keluarga warga yang mengajukan pengunduran diri secara sukarela sebagai penerima bantuan sosial ini. Sehingga secara otomatis mengurangi angka kemiskinan di daerah ini.”, tuturnya.

Dilansir dari web Pemkab Pekalongan, tak sedikit yang keluarga penerima PKH justru berasal dari keluarga ekonomi mampu dan belum mau mengundurkan diri dari kepesertaannya.

“Oleh karena itu, saya berpesan kepada pendamping PKH di daerah ini, untuk rutin melakukan pembinaan terhadap keluarga penerima manfaat program ini yang tergolong ekonomi mampu agar mereka mengundurkan diri.”, jelas Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan, Dra. Hj. Siti Masruroh, M.M..

Tekan Angka Kemiskinan

Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2018 mencatat angka kemiskinan Indonesia ialah 25,95 juta atau 9,82 persen dan kembali mengalami penurunan pada September 2018 menjadi 25,67 juta jiwa atau 9,66 persen.

“Hal ini menunjukkan bahwa PKH berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat.

Pada laman resmi Kominfo dipaparkan data pada tahun 2017 ada sebanyak 230.351 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau sebesar 3,8 persen dari total 6 juta peserta. Pada tahun 2018 tercatat 621.789 KPM atau sebesar 6,21 persen dari 10 juta KPM. Untuk target graduasi tahun 2019 diharapkan mencapai 800.000 KPM PKH (8%).

Add Comment